Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Massa dan Berat, Materi IPAS Kelas 4 Bab 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka


Berikut adalah Perbedaan Massa dan Berat, Materi IPAS Kelas 4 Bab 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka. Materi ini berisi tentang wujud zat dan perubahanya. Materi ini juga sebagai bahan belajar dan pengayaan serta untuk referensi terkait kebutuhan dalam KBM lainnya.

Pada artikel ini, gurumurid.id menyajikan materi kelas 4 bab 1 topik perkembangbiakan tumbuhan.

Baca Juga : 

2. Soal Ulangan Harian (UH) Kelas 4 Bab 1 Semester 1 Fotosintesis, Peoses paling penting di bumi

Pada pembelajaran Kurikulum merdeka buku kelas 4 mapel IPAS Bab I Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi terdiri dari 3 topik yaitu : 

BAB 1 TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI

Tujuan Pembelajaran : Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya.

Tujuan Pembelajaran : Mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini bagi makhluk hidup.

Tujuan Pembelajaran : Membuat simulasi menggunakan bagan atau alat bantu sederhana tentang siklus hidup tumbuhan.

Baca juga : Download buku kelas 1 dan 4 SD/MI Kurikulum Merdeka


BAB 2 WUJUD ZAT DAN PERUBAHANYA

Topik A : Materi, Makhluk Apakah Itu?

Topik B : Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?

Topik C : Bagaimana Wujud Benda Berubah?



Topik A : Materi, Makhluk Apakah Itu?

Bumi tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materi ada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewan-hewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. 

Ada juga yang berupa makhluk tak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.

Ketika di atas timbangan tidak diletakkan apa pun, kedua timbangan akan seimbang. Namun, ketika di salah satu timbangan diletakkan benda seperti kerikil, maka timbangan akan miring ke salah satu bagian. Hal ini menunjukkan bahwa kerikil atau benda yang diletakkan di atas timbangan itu memiliki massa.


Massa adalah besaran dari suatu benda. Ketika suatu benda memiliki massa maka benda itu merupakan materi. Massa suatu benda bisa berbeda dengan massa benda lainnya. Misalnya, massa 1 butir telur tentu berbeda dengan massa 1 potong baju. 

Perbedaan massa yang berbeda pada suatu benda dengan benda yang lain disebabkan oleh banyaknya jumlah zat pada benda tersebut. 

Jadi massa dan berat adalah berbeda. Massa ditentukan jenis materi dari benda tersebut, sedangkan berat ditentukan dari banyaknya benda tersebut. 

Misalnya, jika kalian memiliki sebuah botol plastik dan sebuah botol kaca, atau gelas plastik dan gelas kaca. Meskipun sama-sama botol atau gelas, tetapi keduanya memiliki massa yang berbeda. Botol kaca atau gelas kaca memiliki jumlah zat yang lebih banyak dibandingkan botol atau gelas plastik. 

Akibatnya botol atau gelas kaca massanya lebih besar dibandingkan botol atau gelas plastik. Selain memiliki massa, ciri-ciri dari materi adalah menempati ruang. Maksudnya setiap materi pasti memiliki ukuran tertentu. Misalnya air yang bisa disimpan di dalam gelas atau botol. Udara yg bisa memenuhi paru-paru kita atau ruangan. Dengan kata lain, materi juga memiliki volume tertentu. 


HUBUNGAN MASSA DAN VOLUME 

Mirip seperti massa, volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat. Bedanya adalah biasanya massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat, sedangkan volume digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti air, minyak, minuman, oli dan dan juga zat padat. 

Untuk mengukur volume kita bisa menggunakan alat ukur seperti gelas ukur, yakni sebuah gelas yang di dalamnya terdapat ukuran-ukuran tertentu. Ukuran volume bisa dinyatakan dalam mililiter yang disimbolkan dengan tulisan mL dan Liter yang disimbolkan dengan huruf L.

Sesuatu disebut materi jika menempati ruangan tertentu, atau dalam bahasa lain memiliki volume tertentu. Biasanya semakin besar volume suatu cairan, jumlah zatnya semakin banyak. 

Semakin banyak jumlah zatnya, biasanya massanya lebih besar. Jadi bisa disimpulkan bahwa massa dan volume saling berkaitan. Lalu, perlu diingat pula bahwa setiap materi pasti memiliki massa dan memiliki volume.

1. Materi adalah suatu zat yang memiliki massa dan menempati ruang, sehingga bisa diukur massa dan volumenya.

2. Setiap materi memiliki bentuk, wujud, dan berat yang berbeda-beda.

3. Semakin banyak jumlah zat, maka semakin besar berat dan volumenya. 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Massa dan Berat, Materi IPAS Kelas 4 Bab 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka"