Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyusun Jadwal Pajaran Kelas 1 dan 4 IKM SD, 3 Panduan Alokasi Waktu

 


Berikut Cara Menyusun Jadwal pelajaran Kelas 1 dan 4 IKM SD, 3 Panduan Alokasi Waktu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SD. Pembuatan jadwal pelajaran dalam IKM dikembalikan ke dalam pendekatan mata pelajaran. Artinya penyusunan jadwal menggunakan pembagian waktu perminggu untuk setiap mata pelajaran. 

Hal ini perlu dipahami betul, apalagi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Sehingga kita dapat ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pendidikan dan dapat memberikan informasi yang valid kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Sejak Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan di hampir 2.500 sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) dan 901 SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) sebagai bagian dari pembelajaran dengan paradigma baru dan peralihan dari kurikulum 2013.

Penerapan Kurikulum Merdeka


Pemerintah melalui Kemendikbud menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahap kesiapan dirinya untuk menggunakan Kurikulum Merdeka, informasi mengenai Kurikulum Merdeka juga tersedia melalui laman kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id. Tiga pilihan yang dapat diputuskan satuan pendidikan tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023:


BAGAIMANA MENYUSUN JADWAL PELAJARAN DALAM IKM?

Pada laman ini gurumurid.id menyajikan jadwal pelajaran Kelas 1 dan 4 SD Kurikulum Merdeka Format MS Word.

Hal baru dalam Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5. Proyek ini merupakan pembelajaran yang disertakan dalam penyusunan jadwal baik per akhir pekan, per minggu ataupun per periode.

Dalam penyusunan jadwal, terdapat 3 opsi pembagian waktu untuk Projek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5, yaitu :

1. Per Jam

Guru dapat mengalokasikan waktu 1 sampai 2 jam pelajaran di akhir hari dalam pembelajaran. Opsi pertama diterapkan pada proyek yang dapat digunakan untuk eksporasi di sekitar satuan pendidikan sebelu sisiwa pulang.

2. Per Hari

Guru dapat mengalokasikan waktu dan menentukan satu hari dalam seminggu untuk melaksanakan proyek. Pada opsi ini guru kelas harus berkoordinasi dengan guru mapel untuk menentukan jenis proyek yang sesuai dan relevan dengan mata ajar.

3. Per Periode

Guru dapat mengalokasikan dan mengumpulkan serta memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu, misalkan dalam setengah semester digunakan 1 minggu untuk pelaksanaan pembelajaran proyek. Pelaksanaan pada opsi ini, semua pendidik dan beberapa kelas dapat berkoordinasi untuk melaksanakan proyek.  


Berikut Contoh Jadwal Pelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang SD

Jadwal Pelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka : Unduh Disini MS Word

Jadwal Pelajaran Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka : Unduh Disini MS Exel

Jadwal Pelajaran Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka : Unduh Disini


PERLU DIPAHAMI

Diantara karakter yang mencolok dari kurikulum merdeka adalah adanya materi Projek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5

Dari laman datadikdasmen.com Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas ilmu/ penggabungan pembelajaran antarabeberapa pelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran berbasis proyek atau praktek pendalaman materi untuk memperoleh pemahaman atau penyelesaian masalah yang dilakukan langsung oleh peserta didik.

Bagaimana langkah-langkah P5

Sekilas P5 dapat dipahami melalui bagan/ gambar berikut


 


PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)


Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. 

Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. 


Tema-tema dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Ada 5 (lima) tema dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk jenjang Sekolah Dasar, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Kearifan lokal
  3. Kewirausahaan
  4. Bhinneka Tunggal Ika
  5. Rekayasa dan Teknologi

Untuk sekolah SD wajib memilih minimal 2 tema untuk dilaksanakan per tahun.

Pemerintah Daerah dan sekolah dapat mengembangkan tema menjadi topik yang lebih spesifik, sesuai dengan budaya serta kondisi daerah dan sekolah.

Sekolah diberikan kewenangan untuk menentukan tema yang diambil untuk dikembangkan, baik untuk setiap kelas,angkatan, maupun fase.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Bagi pekerja di dunia modern, keberhasilan menjalankan projek akan menjadi prestasi 

Dalam skema kurikulum, pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila terdapat di dalam rumusan Kepmendikbudristek No.56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran yang menyebutkan bahwa Struktur Kurikulum di jenjang PAUD serta Pendidikan Dasar dan Menengah terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Sementara pada Pendidikan Kesetaraan terdiri atas mata pelajaran kelompok umum serta pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila. Penguatan projek  profil pelajar Pancasila diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya. 

Peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari-tema tema atau isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, budaya, wirausaha, dan teknologi sehingga murid bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif.


Laman Terkait 

Soal UH Bab 1 Kelas 4 Semester 1 Bagian-bagian Tumbuhan

Soal UH Bab 1 Kelas 4 Semester 1 Fotosintesis Proses Paling Penting

Soal UH Bab 1 Kelas 4 Semester 1 Perkembangbiakan Tumbuhan

Buku Kurikulum Merdeka Kelas 1

Buku Kurikulum Merdeka Kelas 4


Semoga bermanfaat...  

Posting Komentar untuk "Cara Menyusun Jadwal Pajaran Kelas 1 dan 4 IKM SD, 3 Panduan Alokasi Waktu"